Detail Berita

  • Admin
  • 17 September 2019

Mantra Sakti “Man Jadda Wajada” Untuk Generasi Hebat Smamda

SMAMDA – SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo kedatangan tamu ust Akbar Zainuddin, beliau merupakan motivator dan penulis buku Man Jadda Wajadah. Bertempat di Auditorium A.R Fachruddin senin 16/09/2019 seluruh siswa smamda mengikuti acara yang bertema generasi hebat raih sukses dengan spirit man jadda wajada.

Akbar Zainuddin menjelaskan, Kata “Jadda” arti harfiahnya adalah bersungguh-sungguh, sedangkan kata “wajada” artinya mendapatkan. Jadi, jangan sampai salah menulis, karena masih ada beberapa yang menulis “man jadda wajadda”, atau “man jadda wa jada”, ataupun “man jadda wa jadda”, karena artinya menjadi beda. Apalagi kata “man jadda wajada”, artinya nanti “siapa yang bersungguh-sungguh, akan bersungguh-sungguh”. Lha, kapan berhasilnya?

man jadda

interaksi narasumber dengan siswa siswi smamda

Semua berawal dari mantra sakti “Man Jadda Wajada” yang diajarkan pertama kali saat masuk Pondok Modern Gontor. Pepatah Arab (Mahfudzat) yang berarti “Siapa bersungguh-sungguh ia akan berhasil” itu benar-benar mengubah hidup saya. Perjalanan setelah keluar dari Gontor sekitar 20 tahun menyadarkan saya betapa kata-kata itu mempunyai pengaruh sangat hebat jika dimanfaatkan dengan baik.

Kata Mutiara Arab dipadukan dengan prinsip-prinsip manajemen modern inilah yang saya ikat kemudian menjadi buku dan materi pelatihan. Bukunya sendiri saya beri judul “Man Jadda Wajada”, Pelatihannya juga diawali dengan pelatihan Man Jadda Wajada, yang kemudian berkembang menjadi pelatihan motivasi, pelatihan pengembangan diri, pelatihan manajemen, pelatihan menulis, hingga pelatihan kewirausahaan.

Inilah yang ingin saya bagi kepada anda, Bahwa jika kita berani bermimpi, dan mau membayar impian itu dengan penuh kesungguhan, kerja keras, dan doa yang terus menerus, insyaAllah kita akan sampai pada apa yang kita cita-citakan. Ucap pria kelahiran banyumas 7 Februari 1973 tersebut.(Ira)